Minggu, 29 September 2013

Media Sosial

                         "SOCIAL MEDIA"
1.       DEVINISI MEDIA SOSIAL
Media sosial adalah interaksi sosial Online dengan menggunakan teknologi berbasis Wet untuk dapat saling berkomunikasi, berpartisipasi berbagi dan menciptakan content sesuai dengan kreativitas dan inovasi masing-masing individu.
2.       KONEKTOR SOSIAL
Berdasarkan communispace.com, ada lima hal karakteristik yang bisa di identikasikan dalam hubung konektor sosial:
a.       Status and Self Esteem
Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang ingin diperhatikan. Dalam piramida kebutuhan psikologis manusia, pencapaiaan dan penghargaan dari orang lain merupakan kebutuhan tertinggi setel aktualisasi diri.
b.      Expressing Identity
Keinginan mengexpresikan identitasnya yang unik adalah hal yang tidak terlepas dari sifat dasar manusia, terutama yang menghargai perbedaan.
c.       Giving and Getting Help
Salah satu motivasi interaksi sosial adalah mendapatkan pengakuan dan status,mencari dan memberikan bantuan kepada orang lain  termasuk komponen yang penting dalam interaksi sosial.
d.      Affiliation and Belonging
Ada kecenderungan hasrat manusia untuk mendambakan jadi bagian dari suatu yang besar jika menjadi bagian dari suatu komunitas sosial.
e.      Sense of Community
Keinginan berkumpul dan menjadi dari sesuatu yang dapat menopangnya melalui kesulitan. Dan juga didorong oleh perasaan senasib dan sepenanggungan yang dialami.

3.       PERTUMBUHAN MEDIA SOSIAL               
Berdasarkan Emarker, jumlah pengguna media sosial dari tahun ketahuan  meningkat  diperkirakan akan naik menjadi 1,4 miliar dari 1,18 di tahun 2011,   pertmbuhan hampir 20% ini akan terus terjadi meskipun secara angka dari tahun ke tahun akan stagnan.                                                           

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjeu0Gz6lJO40n-cyQHD2fkuewOlc95D7Ht9U7f6ES9T03z6oDF6CpIQp3Fc02qpo4Dzz4hUvPILZr5wuw1hdggLswziEf0eViJO8kc4lRt5V4DtAKgFbLbhMuC4Hn3gcsABww0LMMin_dL/s320/pertumbuhan+media.png

4.       TREND MEDIA SOSIAL
Trend media sosial dapat diuraikan sebagai berikut
a.       So LoMu( Sosial, Location, Mobile)
Ide awal sebuahsitus  jejaring sosial , seperti Facebook, Twitter( Interest graph), Foursquare  ( Location graph
b.      Gamification
Gamification adalah proses mengaplikasikan mekanisme atau peraturan permainan yang ada di dalam Games kepada aktivitas non-game untuk tujuan tertentu.
c.       Augmented Reality
Sebuah kacamata yang memampukan penggunanya menggunakan fitur-augmented Realty untuk mendapatkan informasi terhadap apa saja yang ia lihat.ini merupakan projeck dari Google Glass yang di prediksi akan digunakan di pasaran tahun 2014.
d.      Alternate Reality
Alternate Reality sebenarnya bisa dibilang lebih menacu kapada teknik Storytelling dibanding teknologi, walau begitu teknologi juga menjadi bagian penting dari teknik ini.
e.      Sosial TV
*Kekuatan dari TV yang mass reach digabungkan dengan high engagement level yang dimampukan oleh media sosial. 
*Social TV juga didukung oleh perilaku orang ketika menonton TV yang tidak hanya melihat kepada layar televisi saja tetapi juga bisa sambil melihat layar laptop, tablet atau smartphone. 
Kemudian lahir lah istilah Second-Screen Experience dimana konten di layar televisi akan disinkronkan dengan layar laptop, tablet, atau smartphone

5.       BISNIS BERBASISKAN KOMUNITAS –MEDIA SOSIAL
a.       Almost Base on internet
Membangaun bisnis bebrbasis konsumen adalah dengan menggunakan internet sebagai medianya.
b.      Buzz Strateg
Dengan membuat strategi supaya produk yang dijual bisa ramai dibicarakan oleh banyak orang dan menjadi suatu yang populer
c.       Pop Culture Based
Bisnis teknologi yang sekarang ini berkembang umumnya menyajikan fitur-fitur dengan tema yang sedang populer atau menjadi mainstream gaya hidup jaman sekarang sehingga produk yang di tawarkan dapat diterima oleh pasar.
d.      Fun and Innovative
Fitur yang disajikan harus selalu menyenangkan, menstimulasi dan menarik perhatian pengguna.
e.      Same Opportunity
Setiap pengguna memiliki kesempatan yang sama untuk memanfaatkan fitur yang ditawarkan.
f.        Personalized
Memungkinkan pengguna melakukan penyesuaian secara penuh terhadap fitur-fitur sehingga platform tersebut bisa digunakan sebagai media untuk mengekspresikan dirinya.


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      






                                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar